Subscribe in a reader

Search

Selamat Datang di HereMyWrite

Hi... selamat datang diblogku. Thank ya udah mampir di blogku yang masih tahap belajar. Mengenai isi blogku bicara seputar tentang pengalaman yg kualami. thank buat teman2 seluruh dunia yang secara tidak langsung membuatku banyak belajar tentang dunia internet. Semoga kalian dapat memberikan kritik dan saran membangun dalam pengembangan blogku ini.

Popular Artikel

WELCOME TO HERE MY WRITE

SSD vs HDD

Menurut perkembangannya hingga saat ini kapasitas SSD sudah mencapai 512GB. Bahkan menurut kabar SSD akan tembus hingga 3TB pada tahun 2012. Sebenarnya apa sih SSD itu dan apa bedanya dengan HDD yang ada saat ini?

SSD adalah singkatan dari Solid State Drive, sedangkan HDD singkatan dari Hard Disk Drive. Keduanya merupakan media penyimpanan yang terdapat pada komputer atau perangkat elektronik lainnya.

SSD vs HDD
Berbeda dengan HDD yang masih menggunakan mekanik untuk menggerakkan piringan (magnetic disk) dan head (optik) untuk proses baca dan tulis sedangkan SSD menggunakan papan memory sebagai media penyimpanan. Bisa dikatakan mirip seperti pada memory komputer atau flashdisk.

Kelebihan dari media SSD ini adalah tidak memiliki bagian mekanis yang bergerak layaknya harddisk sehingga membuat media SSD ini tidak berisik dan tidak sepanas Harddisk. SSD sedikit lebih tahan banting dibandingkan harddisk, bila terjadi benturan ringan tidak sampai merusak / kehilangan data, terutama bila dipasang pada laptop atau perangkat elektronik yang bersifat mobile.

Perangkat mobile lebih diuntungkan dengan menggunakan media SSD ini, karena penggunaan daya lebih kecil sehingga membuat perangkat hidup lebih lama. Kecepatan baca tulis pada media SSD ini juga relatif lebih singkat, sehingga waktu booting (loading) akan terasa lebih cepat jika dibandingkan dengan Harddisk.

Untuk saat ini media SSD masih tergolong mahal dibandingkan dengan HDD dengan kapasitas yang sama, untuk kapasitas 60 Gb dengan kecepatan baca 200Mbyte/s dan tulis 140Mbyte/s dijual kisaran harga $245, 120GB kisaran $350, 240Gb kisaran $500.

Tetapi seiring dengan kemajuan teknologi dan penggunaan SSD sudah mulai banyak, harga SSD akan semakin murah dan terjangkau. Mungkin nanti bentuk SSD tidak lagi monoton kotak, bisa saja berbentuk bulat, persegi dll dan ukurannya akan menjadi lebih kecil dari 1.5inch. Bahkan saat ini sudah ada SSD berbasis PCIe dengan kapasitas hingga 256Gb

Dengan demikian kedepan akan semakin banyak media penyimpanan dalam bentuk flash memory. Tapi apakah nantinya media penyimpanan seperti flashdisk maupun memory card dapat menyaingi SSD? dari segi kapasitas, kecepatan, ukuran dan kompabilitas? atau mungkin salah satunya ada yang tergusur? kita lihat saja perkembangannya nanti.

1 comment:

Puguh Sudarma said...

helllo bukannya SSD solid state disk.
hhmmmm oo yaa lagi satuu


HEBAT BANGET BRAVOOO FRIEND

Post a Comment

Copyright @ 2009 HereMyWrite best viewed with Firefox